Blog

KERUSAKAN UMUM PADA CCTV

Banyak orang memilih CCTV untuk sistem keamanan di dalam atau luar ruangan, karena dengan adanya cctv kita dapat dengan mudah memantau keadaan lokasi yang mungkin kita anggap rawan dari tindak kriminal. Tapi bagaimana jika terjadi suatu kendala pada kamera atau DVR anda pada saat pengoperasian cctv tersebut.


Masalah yang sering di alami oleh cctv bisa kita sebut video loss atau Vloss, saat itu terjadi karna layar pada monitor cctv tidak muncul gambar atau Vloss. penyebab masalah seperti ini pada umum nya terjadinya arus listrik pada kabel coaxial Rg59 tidak sempurna atau kendor pada saat kita membuat atau mengkrimping Bnc konektor nya
Kerusakan yang terjadi Vloss sebagai berikut.

1.Adaptor
Adaptor merupakan sumber aliran listrik untuk kamera Cctv tersebut. Jika adaptor yang digunakan itu sendiri tidak kompeten pada kebutuhan daya listrik pada kamera maka kamera tersebut tidak mampu mengangkat atau menyala dengan semestinya
dengan itu kita bisa tau bahwa adaptor yang kita gunakan ini layak pakai atau sudah tidak dapat dipakai, jika adaptor yang kita gunakan ini rusak maka kita harus menggantinya dengan yang baru atau dengan adaptor yang sama.

2.Kamera
Kamera merupakan komponen yang berpengaruh besar dalam cctv itu sendiri, jika kamera yang kita gunakan itu dalam keadaan mati otomatis gambar pada layar akan hilang atau berwarna biru. Solusi pada kamera mati ini salah satu nya dengan menggunakan kamera tester, jika kamera itu benar dalam keadaan rusak maka kita perbaiki atau menggantinya.

3.PORT KONEKTOR ATAU BNC
Port konektor atau bnc merupakan titik temu antara kabel kamera dan kabel pada dvr. Jika konektor atau bnc tersebut terdapat gangguan maka gambar pada monitor akan menjadi bergelombang atau hilang.
Solusi nya kita harus benar-benar mengkerimping konektor atau bnc dengan teliti atau benar. Usahakan tembaga pada kabel coaxial tidak terhubung pada serabut kabel, dan juga tembaga benar-benar menyentuh bagian dalam konektor atau bnc dan serabut pun harus menyentuh bagian derat pada konektor atau bnc.

pada permasalahan diatas dapat kami simpulkan bahwa tidak sembarang cctv dapat dengan mudah memasang atau mengoperasikan nya tapi kita juga harus tahu poin-poin penting pada sistem cctv tersebut sudah benar-benar terpasang atau terkoneksi dengan baik. Jika anda ragu untuk memasang atau merawat sistem cctv tersebut anda dapat menghubungi jasa pelayanan pemasangan dan maintenance cctv terdekat atau kunjungi website kami di www.bandungcctv.com kami dapat membantu dan memberikan solusi tepat pada permasalahan sistem cctv anda.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *